HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.148.252
Pengunjung : 524.969






Komentar Terbaru :




Newsflash :
PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL             |             PROFICIAT UTK SMP TAR 1 JKT YG MERAIH 'JUARA I GITAR SOLO' DLM FLS2N TINGKAT PROVINSI DKI

Artikel :



Menulis, Pasti Bisa!


Jumat; 01 November 2013 [Admin, SMA TARAKANITA GADING] - Artikel Umum

Menulis, Pasti Bisa!

Writing-writing-31277215-579-612

Perkembangan verbal seorang manusia dimulai dari mendengar dan berbicara. Mereka akan mendengar dan meniru dari orang-orang sekitar. Setelah mereka dapat berbicara, tentunya dengan bahasa ibu, seorang anak akan masuk ke usia pra sekolah.  Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) adalah masa bermain dan menyiapkan diri mereka sebelum masuk Sekolah Dasar. Pada masa ini dilatih kemampuan anak menulis dan membaca. Mereka mulai dikenalkan huruf dan kata.

Menulis merupakan salah satu hal pokok yang dilakukan oleh manusia. Bidang apa saja memerlukan kemampuan menulis. Tetapi bagaimana dengan menulis suatu karangan seperti artikel, laporan, makalah, dll. Bukan suatu hal yang mudah jika kita tidak mempunyai kiat-kiat jitu untuk membuat tulisan. Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan dalam membuat tulisan. Disini hanya akan dibahas 3 hal penting yang dapat digunakan sebagai patokan agar kegiatan menulis menjadi mudah dilakukan, yaitu:

  1. Membuat kalimat aktif dan pendek
  2. Rumusan 5W + 1H
  3. Kerangka pikiran

Kalimat pendek membantu kita agar lebih fokus pada satu kalimat yang dibuat. Untuk membuat kalimat pendek, kita dapat mengingat pelajaran Bahasa Indonesia. Sebuah kalimat yang baik mempunyai pola Subyek, Predikat, dan Obyek (SPO). Untuk pemula, usahakan membuat kalimat pendek dan kalimat aktif. Hindari membuat kalimat pasif karena akan menuntut pemikiran yang lebih mendalam. Setelah cukup mahir, pembuatan kalimat dapat dikombinasikan  dengan kata penghubung dan kata keterangan.

Hal yang kedua adalah rumusan 5W + 1H. Sebenarnya rumusan ini sudah sering kita dengar, What, When, Where, Who, Why dan How. Sebelum mulai menulis kita dapat menjabarkan satu topik yang sudah dipilih dalam rumusan di atas. Tulisan akan menjadi utuh dan informasi yang disampaikan akan menjadi semakin lengkap.

Dan yang terakhir adalah kerangka pikiran. Pembuatan kerangka pikiran adalah mutlak perlu dilakukan sebelum mulai menulis. Jika kita langsung menulis tanpa membuat kerangka pikiran terlebih dulu, pada saat penulisan sedang berlangsung akan mengalami kemacetan, bingung mau menulis apa. Semakin detail kerangka pikiran yang kita buat, semakin memudahkan dalam pembuatan kalimat secara ‘step by step’ sehingga membentuk paragraf-paragraf secara kontinu.

Menulis merupakan suatu ketrampilan yang semua orang pasti bisa melakukan. Berlatih, berlatih, dan berlatih akan membuat orang semakin terampil dalam membuat tulisan. Apapun yang berhasil kita tulis, usahakan jangan mencela tulisan yang berhasil kita buat sendiri. Bagaimanapun juga tulisan kita sendiri jauh lebih bermakna daripada “copy paste” dari internet. Ayo mulai menulis, karena kita pasti bisa.

Sumber foto: http://chronicle.com/blogs/linguafranca/2012/10/11/inspiration-in-the-writing-revolution/

About the author

tere





Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :